Selasa, 04 Januari 2011

Bussines plan aspek pemasaran (part 4)

Bussines plan aspek pemasaran (part 4)

MEMBUKA USAHA 
WARNET 
(WARUNG INTERNET)

PEMASARAN
  • Kebutuhan yang fleksibel
  • suatu keinginan memberikan kenyamanan dan keamanan
Pemasaran sebuah bisnis. Pemasaran sebuah bisnis telah menjadi kegiatan pemasaran barang atau jasa yang termasuk diantaranya kegiatan produksi barang dan jasa untuk pelanggan, tanpa melihat kepemilikannya lagi. Pemasaran sebuah bisnis: Isu yang dihadapi oleh pemasar sebuah bisnis akan sangat berbeda sekali dengan yang dihadapi oleh para pemasar barang-barang biasa (consumer products). Tentu saja dasar dari pemasaran adalah sama, yaitu pertimbangan akan pemilihan target pasar dan segmentasinya, serta keputusan yang berkaitan dengan produk, promosi, harga dan distribusi. Cara pembelian sebuah perusahaan sangat berbeda dengan pembeli barang bias (consumer products), dimana cirinya adalah banyaknya pertimbangan, pembeli profesional dan hubungan jangka panjang. Sebab perusahaan membeli barang berdasarkan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan tersebut, sehingga lebih mengutamakan fungsinya. Hasil dibanyak negara menunjukkan bahwa barang/jasa yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan mendapat tempat di pasar. Keputusan penting akan pemilihan pasar memiliki dimensi horizontal sekaligus dimensi vertical. Strategi dari pemasaran sebuah bisnis: Racikan strategi merupakan jantung dari pemasaran sebuah bisnis; dimana strateginya harus memperhitungkan kebutuhan akan produk tertentu, industri yang berkaitan, kejadian yang muncul dalam industri tersebut dan perkembangan di lingkungan yang lebih luas lagi. Strategi pemasar harus tidak membuat sebuah organisasi menjadi kaku. Tujuannya adalah membantu perusahaan dalam mencapai objektifnya. Strategi yang dikembangkan haruslah juga memperhitungkan kemampuan dan aspirasi dari dalam perusahaan, dan semua strategi fungsional harus dapat bekerja sama dalam sebuah harmoni. Bisnis barang dan jasa. Strategi pemasaran sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh karakteristik barang atau jasa itu sendiri, dalam kaitan dengan target pasar. Sejumlah skema klasifikasi telah dikembangkan untuk intenfikasi lebih lanjut tentang barang dan jasa tersebut. Skema ini menjadi dasar untuk dapat mengerti lebih lanjut akan proses pembelian sehingga dapat mengembangkan strategi pemasarannya. Skema klasifikasinya sebagian besar mencakup berikut ini: bahan baku, bahan setengah jadi dan komponen layanan. Strategi dan perencanaan pemasaran: Hanya ada satu definisi yang benar tentang tujuan sebuah bisnis, yaitu menciptakan pelanggan. Pasar dikelola oleh manusia bukan diciptakan oleh Tuhan, alam atau tekanan ekonomi. Kepuasan pelanggan dapat saja dirasakan oleh pelanggan sebelum mereka diberi pengertian tentang apa arti kepuasan itu sendiri, namun hal tersebut akan tetap menjadi sebuah potensial kepuasan yang hendak dirasakan oleh pelanggan hingga ada aksi yang mengubah orang-orang dalam bisnis membuat kepuasan menjadi kebutuhan. Konsep pemasaran harus memiliki tujuan dari bisnis itu sendiri yaitu pemenuhan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang mendatangkan profit harus lebih baik dari kompetitor. Hal ini membutukan kerja kolektif dari seluruh lapisan organisasi. Arahan dari kerja kolektif ini adalah inti dari strategi bisnis. Strategi pemasaran tidak hanya harus membantu mengembangkan strategi bisnis, namun harus membantu dan bekerja sama dalam sebuah harmoni dnegan strategi fungsional lainnya. Biasanya strategi bisnis membentuk serangkaian tujuan bisnis, menunjukkan lingkup bisnis dalam hal produk dan pasar dan mengidentifikasi prinsip teknologi dan inti dari keunggulan kompetitifnya. Komponen-komponen dari strategi bisni biasanya terdiri dari strategi-strategi fungsional. Termasuk strategi pemasaran yang berhubungan dengan target pasar dan kegiatan yang perlu dilakukan secara efektif; pembuatan strategi berhubungan dengan pertimbangan pembelian barang, ukuran dan proses; penelitian dan pengembangan atau rekayasa strategi yang mengupas isu-isu yang berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar